Kunci Keberhasilan Usaha : Istiqamah

Toko kelontong (foto : usahakecil com)

BANYUWANGI (ringtimes.net) – Pengamat Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM), Rosyidi Zein menilai masyarakat perlu diberi pemahaman tentang pentingnya pengelolaan usaha yang baik.

“Mereka (pelaku UMKM) harus paham manajemen. agar usaha bisa bertahan dan berkembang. Perlu adanya arahan dari pihak terkait,” jelas Rosyidi pada Minggu (1/7/2018).

Keberhasilan usaha masyarakat Tionghoa layak dijadikan tolak ukur. Mereka memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam mengelola usahanya. Misalnya, memiliki jadwal operasional toko yang tetap.

Satu hal itu, kata Rosyidi, jika dilaksanakan dengan istiqamah akan memudahkan pelanggan menyesuaikan waktu berbelanja.

“Intinya pelanggan jangan sampai kecewa. Pelaku usaha harus disiplin. Misalnya buka (toko) jam 8 pagi, tutup jam 4 sore. Usahakan tepat waktu,” jelasnya.

Ketidakteraturan jam operasional bisa menyebabkan pelanggan kecewa. Calon pembeli tentu akan menggerutu jika toko yang dia tuju ternyata tutup. Apalagi mereka telah menempuh perjalanan yang cukup jauh dan produk yang akan dibeli sangat dibutuhkan.

Jika ketidakdisiplinan itu terjadi berulang-ulang, secara otomatis kepercayaan pelanggan akan berkurang. Lambat laun usaha yang digeluti pelaku usaha akan sepi pembeli.

Pelanggan saat ini, lanjut Rosyidi memiliki kecenderungan beralih ke toko-toko modern karena memiliki jadwal operasional yang jelas. Padahal jika dicermati, harga produk yang dijual oleh toko modern lebih mahal jika dibandingkan dengan toko tradisional yang dikelola masyarakat kecil.

Jaga ketersediaan barang dagangan

Kelemahan lain yang dinilai oleh Rosyidi Zein adalah ketidakdisiplinan dalam menjaga stok barang dagangan.

“Meski sedikit, usahakan stok barang selalu ada. Jangan sampai produk yang dicari pelanggan kosong,” lanjutnya.

Menjaga stok barang tak kalah penting dengan menjaga kedisiplinan waktu. Meskipun tepat waktu, tapi stok barang banyak yang kosong, otomatis pembeli akan berpindah ke toko lain.

Jika dua poin ini dilaksanakan secara istiqamah oleh para pelaku UMKM, bukan tidak mungkin usaha akan terus berkembang dan menjadi besar.

“Jangan sampai usaha yang dibangun secara susah payah akan ambruk. Bangsa ini memerlukan banyak usaha yang dikelola secara langsung oleh rakyat kecil,” pungkasnya. (DEF/C1)

Bagikan Berita ini :