Musim Mudik, Waspadai Lima Titik Rawan Kecelakaan di Banyuwangi

Kondisi jalan nasional Patung Kuda-Rogojampi Banyuwangi relatif lancar pada Selasa (12/6/2018). (Foto : DIAN EFFENDI/ringtimes)

BANYUWANGI (ringtimes.net) – Memasuki H-3 Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 Para pemudik dari pulau Bali dan sekitarnya mulai memadati ruas jalan nasional di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Untuk menjaga keselamatan dan menghindari kecelakaan lalu lintas, para pemudik harus ekstra waspada jika melintasi ruas jalan berikut ini;

ASPD Ketapang – Double Way Sukowidi

Keluar dari Pelabuhan Ketapang, pemudik dituntut berhati-hati saat melintasi jalur ini. Kondisi jalan yang sempit dan lurus membuat pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Hindari mendahului kendaraan lain jika pandangan tidak bebas. Waspadai kendaraan besar yang keluar masuk pabrik di sepanjang jalan.

Patung Kuda Karangente – Poliwangi

Setelah melalui jalanan di dalam Kota Banyuwangi yang relatif aman. Pemudik harus kembali berhati-hati saat melintasi jalur Patung Kuda Karangente menuju Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) Kabat.

Jalur ini masuk kategori Black Spot karena sering terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. Kecepatan ideal di jalur ini adalah 60 Kilometer per-Jam.

Kondisi jalan yang mulus dan lebar membuat pengendara cenderung memacu kendaraan dengan kencang. Pengendara agar mewaspadai banyaknya persimpangan jalan tanpa rambu lalu lintas.

Srono – Benculuk

Jalan nasional Srono-Benculuk mirip dengan kondisi jalan ASDP Ketapang-Double Way Sukowidi.

Pengendara harus berhati-hati karena kondisi jalan yang sempit dan banyak kendaraan besar yang melintas.

Waspadai persimpangan jalan tampa rambu-rambu. Kecepatan ideal maksimal 60 Kilometer per-jam.

Jajag- Genteng

Sering terjadi kecelakaan di jalur nasional Jajag-Genteng. Kondisi jalan yang berkelok dan lurus menuntut pengandara untuk bersabar.

Jangan mendahului kendaraan lain jika pandangan tidak bebas. Jika malam hari, lampu penerangan jalan sering byar-pet.

Ketapang-Wongsorejo

Yang harus diwaspadai saat melintas di jalur nasional Pantura ini adalah tanjakan Watudodol.

Waspadai saat ada kendaraan berat yang melalui tanjakan ini. Selain itu, yang juga harus diperhatikan adalah kondisi jalan yang bergelombang dibeberapa bagian. (DEF/C1)

Bagikan Berita ini :