Tanggapan Polemik Pembentukan Panitia Pilkades

Pilkades Serentak (geotimes.co.id)

BANYUWANGI – Polemik pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Termasuk dari Bagian Tata Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi.

Sekadar tahu, Pembentukan Panitia Pilkades Gintangan tahun 2019 berjalan alot. Disinyalir muncul banyak kepentingan di internal BPD. Beberapa anggota menghendaki calon panitia cukup ditunjuk oleh BPD. Sedangkan dikubu lain menginginkan panitia dibentuk sesuai dengan Peraturan Bupati Banyuwangi nomor 29 tahun 2017.

Beragam tanggapan bermunculan setelah Ketua BPD Desa Gintangan, Dian Effendi menulis opini di laman ringtimes.net.

Ustadz Tuhfatul Murid, Tokoh Agama

(Pembentukan Panitia Pilkades Gintangan, red) harus dilanjutkan sesuai prosedur. Semoga dikuatkan oleh Allah SWT.

Abu Bakar, Tokoh Pemuda

Harus dilaksanakan sesuai aturan perundangan. Dengan catatan, salah satu yang menjalankan (Panitia, red) tidak berpihak kepada salah satu kandidat. Tidak dibenarkan jika BPD membentuk panitia tanpa melalui proses undang-undang. Jelas salah.

Ayon, Gardawangi Gintangan

Yang penting transparan. Kalau sudah ribut soal pembentukan panitia pilkades, dampaknya tentu akan ke masyarakat itu sendiri. Lantas kadang sampai cekcok antar tetangga.

Achmad Holili, Pemuda

BPD harus bersikap netral. Jika panitia dibentuk tidak sesuai aturan, berarti pelaksanaan Pilkades cacat hukum. Kalau digugat, BPD yang repot.

Abdul Aziz Hamidi, Kabag Tata Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi

Usulan dari Tomas (oleh, red) RT/RW. Maupun dari lembaga. Tentang nama-nama calon panitia yang diusulkan sebisa mungkin tertulis. Juga hasil rapat internal Tomas (RT/RW) dan lembaga tadi dituangkan dalam berita acara.

Dengan usulan tertulis, BPD memiliki dasar untuk menentukan nama-nama calon panitia.

Dilaporkan, hingga saat ini beberapa anggota BPD Desa Gintangan masih ngotot agar calon panitia dipilih secara internal. Sedangkan Ketua BPD menghendaki agar panitia dibentuk sesuai aturan. (MNW)

Bagikan Berita ini :